Tips Sukses Memulai Bisnis Online bagi Ibu Rumah Tangga

Menjadi seorang ibu rumah tangga memang merupakan profesi yang sangat mulia, karena selain merawat anak, dia bisa multitasking untuk mengelola rumah, memasak dan mengatur keuangan rumah tangga. Beberapa di antaranya cukup sibuk dengan aktifitas rutin mereka tersebut, namun sebagian yang lain memiliki waktu luang di sela-sela kesibukkan mereka tersebut. Memanfaatkan waktu luang dengan membuat usaha (business) untuk membantu suami menambah penghasilan bukan merupakan hal yang positif, sejauh tidak mengganggu aktifitas utama mereka sebagai ibu rumah tangga. Oleh karenanya, usaha yang paling cocok dipilih oleh ibu-ibu rumah tangga adalah bisnis online (online business), di mana mereka bisa menjalankan usaha dari rumah ‘berdampingan’ dengan tugas utama mereka sebagai ibu rumah tangga.

Akhir-akhir ini bisnis online memang tengah ‘naik daun’ karena kemudahannya dalam pengelolaan dan perijinan. Dengan bisnis online tersebut, konsumen tidak perlu repot-repot datang ke toko untuk bertransaksi, namun cukup membuka website/blog dari tempat mereka masing-masing. Ada banyak pilihan macam bisnis online yang bisa Anda pilih, mulai dari perlengkapan bayi (baby shop), fashion, perlengkapan rumah tangga, obat kecantikan, suplemen kesehatan dan sebagainya. Untuk, memulai menjalankan model bisnis online ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini tiptipseru.com akan berbagi pada Anda tips sukses memulai bisnis online bagi ibu rumah tangga :

Pertama, apakah market Anda adalah orang-orang yang menggunakan internet? Jika market Anda bukanlah pengguna internet, maka Anda perlu melakukan edukasi pada mereka tentang bagaimana cara menggunakan internet serta berbagai macam keuntungannya. Apakah internet (blog), facebook ataukah BBM (broadcast message), tidak menjadi soal, karena semua media tersebut hanya merupakan sarana media promosi dan pemasaran produk dagangan online Anda.

Kedua, Anda perlu memberikan benefit (manfaat) dan added value (nilai tambah) yang lebih dibandingkan dengan ketika mereka berbelanja di toko offline. Selain pengantaran dalam kota, apakah ada hal lain yang bisa Anda tawarkan? Misalnya saja dengan mengingatkan mereka barkaitan dengan kebutuhan bayi untuk baby shop atau produk-produk terbaru yang keluar untuk fashion shop kepada customer, baik melalui SMS, BBM maupun jejaring sosial seperti facebook dan twitter.

Ketiga, Anda juga perlu memberikan kemudahan dalam sistem pembayaran. Anda bisa bekerja sama dengan bank tertentu untuk fasilitas pembayaran dengan credit card, e-banking dan lain sebagainya. Pililah Bank, yang banyak dipergunakan oleh market Anda, sehingga saat pembayaran melalui mekanisme transfer ke sesama Bank mereka akan terbebas dari biasa transfer, yang biasa dikenakan pada transaksi antar Bank pada jaringan ATM Bersama, Alto dan Prima.

Keempat, Anda juga bisa memikirkan sistem reward kepada customer Anda. Misalnya, setiap pembelanjaan tertentu dihitung dengan poin tertentu yang bisa menjadi cash discount atau bisa digantikan dengan gift tertentu.

About the author

Raneme

View all posts